Syarat Tumbuh Tanaman Keilan Yang Benar

syarat tumbuh tanaman keilan
Syarat Tumbuh Tanaman Keilan Yang Benar – Keilan atau sering juga disebut juga dengan nama keilan merupakan tanaman sayuran yang termasuk kedalam kategori syuran sawi-sawian (Brassicaceae) dan merupakan salah satu tanaman satu musim kedalam jenis sayuran daun yang dapat tumbuh di dataran tinggi sampai dataran rendah. Tanaman keilan memilki nama latin Brasssica oleracea L. var. alboglabra. Karena pemeliharaannya mudah, tanaman keilan banyak ditanam sebagai tanaman pekarangan. cara budidaya keilan termasuk mudah dan tidak memerlukan daerak dengan syarat tumbuh yang ribet. berikut merupakan sayarat tumbuh tanaman keilan:
  1. Dapat ditanaman pada semua jenis tanah terutama yang kaya organik . 
  2. Kemasaman tanah (pH) yang optimal tanaman kaelan 6–6,5. 
  3. Temperatur optimum tanaman kaerlanadalah 15–20 0C.
  4. Tanaman kailan memerlukan curah hujan yang berkisar antara 1000 -1500 mm/tahun, Keilan termasuk jenis sayuran yang toleran terhadap kekeringan atau ketersediaan air yang terbatas (Lubis, 2010).
  5. Curah hujan yang terlalu banyak dapat menurunkan kualitas sayur, karena kerusakan daun diakibatkan oleh hujan yang deras (Pasaribu, 2009). 
  6. Pada umumnya tanaman kailan baik ditanam di dataran tinggi dengan ketinggian antara 1.000-3.000 meter dpl (Sunajjono, 2004).

Dengan kata lain budidaya tanaman keilan tidak terbatas dilahan dataran tingi saja. dalam kondisi iklim yang berfariatif juga dapat dilakukan budidaya tanaman keilan. maka, dengan syarat tumbuh tanaman keilan yang tidak terlalu ribet ini masyarakat indonesia banyak yang bisa untuk melakukan budidaya tanaman keilan, terutaman ibu rumah tangga yang tidak terlalu sibuk dengan urusan rumahnya. akan tetapi yang perlu digaris bawahi yaitu tanaman sayuran sejenis satu musim dia tidak tahan dengan kering terlalu lama. dia akan mudah layu, karena sebagian besar dari setruktur batang, daun, dan akar banyak mengandung air. 

ketika kita akan melakukan budidaya maka kita harus tau perilaku tanaman tersebut.