20 KLASIFIKASI TANAMAN SAYURAN LENGKAP

Klasifikasi tanaman sayuran – Dalam dunia pertanian klasifikasi memiliki banya bahasa akan tetapi maknanya sama misalkan untuk menyebutkan kasifikasi tanaman sayuran bisa juga di sebut kumpulan klasifikasi sayuran, identifikasi tanaman sayuran, penggolongan tanaman sayuranHampir sekitar 10.000 jenis sayuran yang ada di dunia ini. Dari sekian banyak jenis sayuran ada beberapa jenis sayuran yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dengan banyaknya jenis tersebut maka perlu di bedakan berdasarkan golongan masing-masing atau sering disebut juga diklasifikasikan tanaman sayuran. Ada 4 jenis/kelompok penggolongan tanaman sayuran atau klasifikasi tanaman sayuran diantaranya adalah:
ü  Klasifikasi berdasarkan bagian tanaman yang akan dimakan
ü  Klasifikasi bedasarkan cara budidaya
ü  Klasifikasi berdasarkan syarat tumbuh
ü  Klasifikasi botani

20 KLASIFIKASI TANAMAN SAYURAN LENGKAPA.   kelompok tanaman berdasarkan bagian tanaman yang akan dimanfaatkan

kelompok bagian tanaman yang akan dimanfaatkan oleh manusia ada banyak jenis. Pengelompokan ini dikelompokan lagi menjadi sub kelompok diantaranya;

ü  sayuran daun.
Sayuran daun merupakan sayuran yang banyak dimanfaatkan adalah daunya untuk sayur sebagai menu pelengkap makan. Contoh sayuran ini adalah kangkung, bayam, caisin, lebih lengkapnya silahkan klik di sini.

ü  Sayuran polong.
      Sayuran polong merupakan tanaman sayuran dinamfaatkan untuk dimasak dan dijadikan sayur pelengkap makanan yaitu polongnya. Contoh tanaman ini adalah kacang panjang, buncis, dll. lebih lengkapnya silahkan klik di sini.

ü  Sayuran buah.
Jenis ini merupakan sayuran yang membingungkan oleh para orang awam. Susah membedakan buah dan sayuran. Karena jika dilihat dengan kasat mata sama kedalam bentuk buah. Dan sama sama bisa dimakan dalam bentuk segar, atrinya dapat dimakan ketika masak di pohon. Yang membedakan disini adalah jika sayuran buah yaitu sayuran yang biasa digunakan untuk bahan sauran. Contoh saruan buah ini adalah, tomat, cabai, waluh jipang, dll. lebih lengkapnya silahkan klik di sini.

ü  Sayuran umbi.
Sayuran umbi ini merupakan tanaman sebagai masakan pelengkap makan yang dimanfaatkan dimanfaat yaitu bagian umbinya.  Cintohnya adalah kentang, wortel, untuk lebih jelasnya silahkan klik dan baca di sini

ü  Sayuran bunga.
Bunga bukan hanya bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan dalam segi keindahannya saja. Bunga juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan pelengkap. Jenis sayuran bunga ini salah satunya adalah, ,brokoli, bunga turi, bunga kates, dll, untuk lebih jelasnya silahkan klik dan baca di sini

B. kalsifikasi berdasarkan cara budidaya
Pada dasarnya cara menanam sayuran samadan memiliki hama dan penyakit yang sama dalam klasifikasinya. Dalam klasifikasi cara budidaya ini memudahkan untuk pembuat buku panduan cara menanam sayuran, dalam satu jenis dan tidak membuat buku pedoman penanam lagi. Klsdifikasi ini sangat bermanfaat dan memuaskan karena tidah harus mempelajari setiap tanaman satu persatu, melainkan hanya mempelajari satu buku dan dapat digunakan untuk tanaman yang sejenis dalam klasifikasinya. Berikut merupakan pengelompokan klasifikasi tanaman sayuran berdasarkan cara budidayanya:
       1.    Tanaman sayuran menahun 
       2.    Tanaman berdaun
       3.    Tanaman umbi jalar
       4.    Tanaman bohlam
       5.    Tanaman kacang kacangan
       6.    Tanaman sayuran akar
       7.    Jagung manis, Dll
C. klasifikasi tanaman berdasarkan syarat tumbuh
penggolongan tanaman berdasarkan syarat tumbuh ini sebenarnya hanya di pengaruhi oleh satu factor yaitu suhu pertumbuhan optimum yang di kehendaki oleh tanaman sayuran. Pengelompokan atau klasifikasi tanaman berdasarkan syarat tumbuh ini yaitu kelompok tanaman sayuran iklim dingin dan kelompok tanaman sayuran beriklim panas. Tanaman sayuran beriklim dingin suhu optimum untuk tumbuh Antara 10 oC – 18oC, sedangkan kelompok tanaman beriklim panas yaitu Antara 18 oC - 30 oC. tanaman sayuran beriklim dingin juga sering disebut dengan kelompok tanaman sayuran datan tinggi,sedangkan tanaman sayuran beriklim panas juga sering disebut dengan kelompok tanaman sayuran dataran rendah

D. klasifikasi tanaman sayuran berdasarkan botani
Pengelompokan tanaman sayuran berdasarkan botani ini atas dasar hubungan kekerabatan tanaman, struktur bunga, morfologi tanaman sayuran, dan seksual antar tanaman. Penggolongan tanaman berdasarkan botani diawali denngan kingdom, division, subdivision, phylum, subphylum, class, subclass, order, family, genus dan spesies.

Jamur yang biasa dimakan juga termasuk dalam sayuran, meskipun cara budidayanya
berbeda dengan jenis sayuran lainnya. Jenis lamur komersial yang dikenal adalah:
a. Agaricus spp. (jamur kancing)
b. Pleurotus salor-calu (oyster mushroom)
c. Auricularia spp. (jamur kuping hitam)
d. Volvoriella spp. (jamur merang).
Jenis jenis sayuran jamur dapat di baca di sini

Selamat membaca, semoga bermanfaat.