Manfaat Dan Kandungan Unsur Hara Pupuk Kandang Ayam, Sapi, Kambing Babi Dan Unggas

kandungan unsur hara pupuk kandang ayam, kandungan unsur hara pupuk kandang Sapi, kandungan unsur hara pupuk kandang Kuda, kandungan unsur hara pupuk kandang Babi, kandungan unsur hara pupuk kandang Kambing dan Domba, kandungan unsur hara pupuk kandang unggas
Pupuk kandang yaitu berasal dari kotoran ternak baik berupa kotoran padat (feses), cair (urine) dan sisa-sisa makanan yang bercampur menjadi satu. Jadi ada dua jenis pupuk kandang yakni pupuk kandang padat dan pupuk  kandang cair. Namun pembahasan  tentang  pupuk    kandang  cair  masih  relatif  sangat sedikit. Padahal bila dibandingkan kandungan unsur hara yang dimilikinya,  pupuk  kandang  cair  memiliki  kandungan    unsur  hara lebih besar dari pada pupuk kandang padat (feses) ini dapat dilihat pada tabel berikut ini.

kualitas pupuk kandang ditentukan oleh perbandingan C/N. Pupuk kandang yang banyak mengandung  jerami memiliki nilai perbandingan  C/N yang  tinggi  sehingga  mikro  organisme  lama dalam menguranya.

Komposisi kandungan unsur hara pada pupuk kandang ini sangat bervariasi, ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang berpengaruh terhadap kandungan unsur hara pupuk kandang antara lain :
•  Macam bahan makanan dan sistem pemeliharaan
•  Kandungan bahan lain, (alas kandang dan sisa makanan yang belum dicerna
•  Kesehatan dan umur ternak dan jenis ternak
•  Teknik pengolahan pupuk kandang

Beberapa jenis pupuk kandang yang sering digunakan oleh petani dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan pupuk serta perbaikan kondisi tanah antara lain :
a. Pupuk  Kandang Sapi
b. Pupuk kandang Kuda
c. Pupuk kandang Babi
d. Pupuk Kandang Kambing dan Domba
e. Pupuk Kandang unggas

baca juga:
      Fungsi, Kegunaan dan Manfaat Unsur Hara Makro N P K Ca Mg dan S Bagi Tanaman
      Manfaat, Fungsi dan Peranan Unsur Hara Mikro Bagi Tanaman

berikut merupakan kandungan unsur hara pupuk kandang yang perlu kalian tau adalah:

Keuntungan pemakaian pupuk kandang antara lain :
•  Memperbaiki kesuburan fisika tanah melalui perubahan struktur dan permeabilitas tanah
•  Memperbaiki kesuburan kimia tanah karena mengandung unsur N, P, K , Ca, Mg dan Cl.
•  Meningkatkan   kegiatan   mikroorganisme   tanah   (meningkatkan kesuburan biologis).


kandungan unsur hara pupuk kandang ayam, kandungan unsur hara pupuk kandang Sapi, kandungan unsur hara pupuk kandang Kuda, kandungan unsur hara pupuk kandang Babi, kandungan unsur hara pupuk kandang